Ini Dia! Alur PPG Daljab 2022 Mulai Pendaftaran Sampai Terima Sertifikat Pendidik

Daftar Isi
[info.dokumenguru.com] Ini Dia! Alur PPG Daljab 2022 Mulai Pendaftaran Sampai Terima Sertifikat Pendidik
PPG Daljab 2022
Info Guru - News. Ini Dia! Alur PPG Daljab 2022 Mulai Pendaftaran Sampai Terima Sertifikat Pendidik. Pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan untuk tahun 2022 saat ini (Minggu, 20 Maret 2022) masih memasuki tahap persiapan cetak kartu dan seleksi akademik.

Untuk itu, bagi bapak dan ibu guru yang dinyatakan lulus seleksi administrasi PPG Daljab 2022 penting untuk menyimak alur PPG Daljab 2022.

Meski sempat mengalami penundaan jadwal pembukaan pendaftaran, dari yang seharusnya tanggal 10 Februari 2022 menjadi tanggal 12 Februari 2022, namun tahapan serta alur pelaksanaan PPG dalam jabatan untuk tahun ini dipastikan akan terlaksana. 

Jadwal Resmi Pelaksanaan Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Daljab 2022

Setelah mengumumkan pembukaan pendaftaran PPG dalam jabatan 2022, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga merilis jadwal resmi pelaksanaan pendaftaran serta proses seleksi administrasi bagi calon peserta PPG dalam jabatan 2022, berikut jadwalnya:
  • Pengumuman pendaftara 3 Februari 2022.
  • Pendaftaran dan pengiriman berkas 12 - 25 Februari 2022.
  • Perbaikan berkas 25 - 27 Februari 2022.
  • Verval oleh petugas 12 Februari 2022 - 2 Maret 2022.
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi/pendaftaran 7 Maret 2022.
Sekadar informasi tambahan dalam pelaksanaan PPG tahun 2022 ini dibagi menjadi tiga bagian diantaranya yakni:
  1. Daljab (TMT sampai dengan Desember 2015), maka pelaksanaan PPG daljab akan berlangsung selama tiga bulan.
  2. Daljab (TMT mulai 2016), maka pelaksanaan PPG daljab akan berlangsung selama enam bulan.
  3. Prajab Model Baru, maka pelaksanaan PPG di tahun 2022 ini, akan berlangsung selama dua semester.

Alur Pasca Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

Setelah diumumkan lolos dalam seleksi administrasi atau seleksi berkas, proses selanjutnya adalah persiapan untuk cetak kartu peserta untuk mengikuti pre tes PPG Daljab 2022.

Pelaksanaan Pre Test PPG Daljab 2022

Setelah diperoleh para peserta PPG dalam jabatan hasil seleksi administrasi termasuk mengikuti sejumlah alur lainnya, maka proses selanjutnya adalah para peserta atau calon mahasiswa akan mengikuti alur berikutnya yakni; seleksi akademik atau yang dikenal dengan pre test sebelum pelaksanaan PPG dalam jabatan.

Dalam pelaksanaan pre test ini pula, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghimbau kepada peserta untuk benar-benar mempersiapkan diri semaksimal mungkin, karena hasil pre test ini akan menentukan kelulusan peserta untuk bisa mengikuti alur PPG Daljab 2022.

Informasi tambahan untuk pelaksanaan selekasi akademik akan dilakukan secara daring (online) domisili. Seleksi akademik PPD Daljab 2022 berbasis domisili dilakukan secara daring (online) dengan peserta berada di tempat tinggal (domisili) masing-masing atau tempat yang dipilih oleh mahasiswa dengan pertimbangan akses internet.

Oleh karena itu, segera cek Akun SIMPKB masing-masing. Setelah benar-benar dinyatakan lulus seleksi administrasi PPG Daljab 2022, calon peserta dapat melakukan pemutakhiran mulai dari nomor telepon seluler (whatsapp), pas foto, dan tautan belajar.id pada profil SIMPKB

Pelaksanaan Program PPG Dlajab 2022

Peserta atau calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dalam pre test PPG dalam jabatan akan secara otomatis ditetapkan sebagai mahasiswa PPG dalam jabatan. Untuk mengetahui kegiatan PPG Daljab 2022, dengan rangkaian materi seperti berikut ini:
  1. Analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, dan HOTS 5 SKS
  2. Desain pembelajaran inovatif 3 SKS
  3. Uji komprehensif
  4. Praktik pembelajaran inovatif 4 SKS
  5. UKMPPG UKIN

Pendalaman Materi PPG Daljab 2022

Dalam pelaksanaan pendalaman materi ini, peserta PPG Daljab 2022 akan menjalani proses pembelajaran secara mandiri atau daring berbasis modul yang telah diberikan oleh LPTK masing-masing. Peserta juga akan diberikan tugas dalam lembar kerja yang harus diunggah melalui akun yang sudah diberikan oleh LPTK. Rincian pelaksanaan pendalaman materi berlangsung selama 30 hari atau lima SKS.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran PPG Daljab 2022

Pada tahap ini peserta akan diminta membuat perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, media, bahan ajar hingga instrumen evaluasi yang berada dibawah bimbingan langsung dosen pembimbing

Uji Komprehensif dan Kinerja Mengajar Sekolah

Dalam uji komprehensif peserta akan diminta mengajar dalam sebuah kelas yang akan dinilai langsung oleh pamong maupun dosen penguji. Selain itu, dilakukan pula uji mengajar di sekolah yang diawasi langsung oleh dosen pembimbing.

Oleh sebab itu, diperlukan persiapan yang cukup matang untuk dapat lulus dalam ujian-ujian yang diberikan

Yudisium (Penyerahan Sertifikat Pendidik)

Bagi yang ikut PPG Daljab 2022 dan dinyatakan lulus akan memperoleh serifikat pendidik dan kembali mengajar di sekolah awal. Kemudian update data pastikan terbaca oleh data pokok pendidikan.

Semoga ibu dan bapak guru yang mengikuti PPG Daljab 2022 admin doakan semua lancar dan lulus hingga akhirnya menyandang gelar sebagai guru professional.
Amin
Mr. Dege
Mr. Dege Menulis merupakan bagian dari seni berbagi cerita.

Posting Komentar